Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi dikarenakan kompetensi guru yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa SMK akuntansi Muhammadiyah 8 medan tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Akuntansi SMK Muhammadiyah 8 Medan yang berjumlah 109 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan simple random sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 96 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Alogaritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 200,565 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Hasil pengujian hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa akuntansi.