PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICARE (INTRODUCTION,CONNECTION, APPLICATION, REFLECTION, EXTENTION) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS SMA NEGERI 2 MEDAN TP. 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model Pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan, Jalan Karangsari No. 435, Sari Rejo, Medan Polonia pada semester genap tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Simple Random Sampling), yaitu kelas XI IS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 4 sebagai kelas kontrol, dan jumlah sampel diambil menggunakan rumus Slovin yaitu 62 siswa dengan rincian kelas XI IS 3 berjumlah 31 siswa dan kelas XI IS 4 berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dari mencari nilai rata-rata, mencari standar deviasi, mencari varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah 55,32 dan 79,52. Sedangkan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol adalah 55,16 dan 75,32. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,246 > 1,671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention) lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan motode pembelajaran konvensional pada materi Utang Obligasi siswa kelas XI IS SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.