Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Inquiry Terhadap Pengetahuan Konseptual dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap pengetahuan konseptual dan keterampilan proses sains siswa SMA. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Delitua, semester I tahun ajaran 2018/2019. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster random sampling yaitu kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas XI MIA-2 sebagai kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan two group pretest posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen pengetahuan konseptual dalam bentuk essai sebanyak 10 soal dan instrumen keterampilan proses sains dalam bentuk essai sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa uji hipotesis pertama diperoleh thitung = 2,92 dengan α = 0,05 diperoleh tabel = 1,99. Membandingkan thitung dengan tabel ternyata jika thitung > ttabel berarti pengetahuan konseptual siswa dengan menerapkan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional. Uji hipotesis kedua diperoleh thitung = 3,53 dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,99. Membandingkan thitung dengan tabel ternyata thitung > ttabel, berarti keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran scientific inquiry lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional