PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan pada materi momentum dan impuls melalui model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan metakognitif. Penelitian ini berjenis Quasi Eksperimen, dengan melibatkan dua kelas yang menjadi subjek pengamatan, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan metakognitif dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di peroleh nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen > kelas kontrol (33,24 > 31,28). Persentase rata-rata nilai Gain yang diperoleh dari kelas eksperimen > kelas kontrol (63,13,% > 49,49%), dan rata-rata posttest kelas eksperimen> Kelas kontrol (75,12 > 66,84) yang dilakukan dengan menggunakan uji –t uji dua pihak dengan α=0,05 diperoleh thitung= 3,48 > t tabel = 0,99, Ha diterima. Berdasarkan data diatas, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan.