Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Siswa SMK Pelayaran Buana Bahari Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan; 3) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan pada tahap implementasi memperoleh rata-rata nilai pretest 71,5 dan nilai posttest 82,67, dan meningkat pada tahap evaluasi dengan rata-rata nilai pretest 79,67 dan nilai posttest 86,08; 3) terdapat peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan pada tahap implementasi memperoleh rata-rata 50,02% dan meningkat pada evaluasi dengan rata-rata 87,64%.