Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin dan Lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan mengambil populasi sebanyak 44 siswa, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 44 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan thitung = 6,287 > ttabel = 1,680 dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Dan ada pengaruh positif yang signifikan antara Lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan thitung = 2,949 < ttabel = 1,680 dengan nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara Disiplin Belajar dan Lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan Fhitung = 24,934 > Ftabel = 4,062 dengan nilai signifikansi 0.000 ≤ 0.05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji t (parsial) disiplin belajar berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Dan Lingkungan belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Secara uji F (simultan) Disiplin Belajar dan Lingkungan belajar siswa berpengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa.