PENGARUH NILAI MATA KULIAH MICRO TEACHING TERHADAP NILAI PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN TATA NIAGA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN AKADEMIK 2013/2014
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar micro teaching terhadap kemampuan mengajar dalam program pengalaman lapangan (PPL) pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (Unimed). Pada bulan Mei 2014 dengan jumlah populasi sebanyak 100 orang dan sampelnya keseluruhan populasi sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan rumus Y = a + bX dan uji hipotesis menggunakan uji t secara statistik dengan bantuan software SPSS versi 21. Untuk mengetahui besarnya pengaruh hasil belajar micro teaching terhadap kemampuan mengajar dalam PPL digunakan rumus regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan persamaan regresi Y=96,285-0,029X. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t sehingga diperoleh nilai sebesar t_hitung-0,570<t_(tabel )1,984 pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig 0,570>0,05, sedangkan koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,003.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hasil belajar micro teaching terhadap kemampuan mengajar dalam program pengalaman lapangan (PPL) pada mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan tahun akademik 2013/2014.