ctrlnum 35901
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/35901/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE&#xD; BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA&#xD; TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI&#xD; DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA&#xD; SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN</title><creator>Sitompul, Syuhada</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran&#xD; Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap&#xD; kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran&#xD; Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap&#xD; disposisi matematis siswa, (3) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi,&#xD; Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pengaruh&#xD; kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi&#xD; matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model&#xD; pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi,&#xD; Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) apakah&#xD; terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW,&#xD; Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)&#xD; terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.&#xD; Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2&#xD; Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1&#xD; yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks&#xD; budaya Batak Toba dan VII-2 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional&#xD; yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes&#xD; kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang&#xD; digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: (1)&#xD; terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya&#xD; Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa,&#xD; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks&#xD; budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3)&#xD; terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)&#xD; terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh&#xD; kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi&#xD; matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model&#xD; pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi,&#xD; Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) tidak&#xD; terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW,&#xD; Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)&#xD; terhadap disposisi matematis siswa</description><date>2019-05-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/1/1.%20NIM.%208166171039%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/2/2.%20NIM.%208166171039%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/3/3.%20NIM.%208166171039%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/4/4.%20NIM.%208166171039%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/5/5.%20NIM.%208166171039%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/6/6.%20NIM.%208166171039%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/7/7.%20NIM.%208166171039%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/8/9.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/9/13.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/10/14.%20NIM.%208166171039%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sitompul, Syuhada (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>35901</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sitompul, Syuhada
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN
publishDate 2019
isbn 208166171039
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/35901/1/1.%20NIM.%208166171039%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/2/2.%20NIM.%208166171039%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/3/3.%20NIM.%208166171039%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/4/4.%20NIM.%208166171039%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/5/5.%20NIM.%208166171039%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/6/6.%20NIM.%208166171039%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/7/7.%20NIM.%208166171039%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/8/9.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/9/13.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/10/14.%20NIM.%208166171039%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/35901/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba dan VII-2 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi matematis siswa
id IOS3150.35901
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2019-09-02T23:49:44Z
last_indexed 2019-09-22T06:46:56Z
recordtype dc
_version_ 1766033464008638464
score 17.538404