PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN
ctrlnum |
35901 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/35901/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI
DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA
SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN</title><creator>Sitompul, Syuhada</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran
Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran
Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap
disposisi matematis siswa, (3) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi,
Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pengaruh
kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi
matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model
pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi,
Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) apakah
terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW,
Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2
Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1
yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks
budaya Batak Toba dan VII-2 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional
yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes
kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang
digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: (1)
terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya
Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa,
(2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks
budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3)
terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh
kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi
matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model
pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi,
Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) tidak
terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW,
Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap disposisi matematis siswa</description><date>2019-05-19</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/1/1.%20NIM.%208166171039%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/2/2.%20NIM.%208166171039%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/3/3.%20NIM.%208166171039%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/4/4.%20NIM.%208166171039%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/5/5.%20NIM.%208166171039%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/6/6.%20NIM.%208166171039%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/7/7.%20NIM.%208166171039%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/8/9.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/9/13.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/35901/10/14.%20NIM.%208166171039%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sitompul, Syuhada (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>35901</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sitompul, Syuhada |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE
BERBASIS KONTEKS BUDAYA BATAK TOBA
TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI
DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA
SMP SWASTA PARULIAN 2 MEDAN |
publishDate |
2019 |
isbn |
208166171039 |
topic |
LB1025 Teaching (Principles and Practice) LB1603 Secondary Education. High schools QA Mathematics |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/35901/1/1.%20NIM.%208166171039%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/2/2.%20NIM.%208166171039%20APPROVAL%20SHEET.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/3/3.%20NIM.%208166171039%20ABSTRACT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/4/4.%20NIM.%208166171039%20PREFACE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/5/5.%20NIM.%208166171039%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/6/6.%20NIM.%208166171039%20TABLES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/7/7.%20NIM.%208166171039%20ILLUSTRATION.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/8/9.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/9/13.%20NIM.%208166171039%20CHAPTER%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/10/14.%20NIM.%208166171039%20BIBLIOGRAPHY.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35901/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran
Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap
kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) pengaruh model pembelajaran
Think Talk Write berbasis konteks budaya Batak Toba yang signifikan terhadap
disposisi matematis siswa, (3) pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi,
Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) pengaruh
kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi
matematis siswa, (5) apakah terdapat interaksi yang signifikan antara model
pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi,
Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) apakah
terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW,
Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap disposisi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Parulian 2
Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1
yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks
budaya Batak Toba dan VII-2 yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional
yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes
kemampuan komunikasi dan angket disposisi matematis siswa. Analisis yang
digunakan adalah ANAVA Dua Jalur. Dari hasil uji coba lapangan diperoleh: (1)
terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks budaya
Batak Toba yang signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa,
(2) terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbasis konteks
budaya Batak Toba yang signifikan terhadap disposisi matematis siswa, (3)
terdapat pengaruh kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) terdapat pengaruh
kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah) terhadap disposisi
matematis siswa, (5) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model
pembelajaran (TTW, Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi,
Sedang, Rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (6) tidak
terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran (TTW,
Konvensional) dan kemampuan awal matematis (Tinggi, Sedang, Rendah)
terhadap disposisi matematis siswa |
id |
IOS3150.35901 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2019-09-02T23:49:44Z |
last_indexed |
2019-09-22T06:46:56Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033464008638464 |
score |
17.538404 |