PERAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM PENANAMAN NILAI KARAKTER DEMOKRATIS SISWA SEKOLAH DASAR
Main Author: | Indaayu, Putri |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/35862/1/Kata%20Pengantar.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35862/2/55.%20PUTRI%20INDAAYU.pdf http://digilib.unimed.ac.id/35862/ |
Daftar Isi:
- Menjadi warga negara yang demokratis merupakan salah satu tujuan pendidikan nasional yang diharapkan dapat terwujud demi meningkatnya kualitas sumber daya manusia Indonesia yang siap bersaing di era globalisasi ini. Nilai karakter demokratis sudah seharusnya ditanamkan sejak usia sekolah dasar agar tumbuh pola pikir, pola sikap, serta pola tindak sesuai yang diharapkan. Pendidikan kewarganegaraan dapat menjadi media dalam mewujudkan tujuan tersebut. Namun, penggunaan model pembelajaran juga sangat diperlukan sebagai pendukung proses pembelajaran formal yang dilakukan di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran think pair share yang merupakan bagian dari cooperative learning dengan basis diskusi sehingga memiliki peran dalam penanaman nilai karakter demokratis pada siswa sekolah dasar.