PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN T.P 2018/2019
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang beralamat di Jalan Veteran pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI Ak yang berjumlah 39 orang siswa. Penelitian ini merupakanPenelitian TindakanKelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang sangat kritis, 19 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 49%, 20 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 51%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 16 siswa dengan persentase 41% kemampuan berpikir yang sangat kritis, 19 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 49% , 4 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 10%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 23 siswa (58,97%) yang tuntas menjadi 34 siswa (87,18%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis, dapat disimpulkan bahwab Penerapan Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa.