PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Praytana 1 Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Praytana 1 Medan melalui penerapan Metode Double Loop Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Praytana 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi 1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 60,84% masuk kategori Cukup Kritis dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 77,31% masuk kategori Kritis. Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus 1 terdapat 19 siswa(54,28%) yang tuntas menjadi 31 siswa (88,57%) pada siklus II.Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Peningkatan Hasil belajar pada post test I dan II adalah signifikan dan positif hal ini dibuktikan dengan perhitungan thitung (9,53) > ttabel (2,03). Karena Kemampuan berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada silkus II Sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan, tidak perlu dilanjutkan ke Siklus selanjutnya Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P 2018/2019 membuktikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa.