PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Main Author: Manurung, Tunas Inra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
etc
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/29503/14/1.%20NIM.%206133311044%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/5/2.%20NIM.%206133311044%20APPROVAL%20SHEET.docx.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/6/3.%20NIM.%206133311044%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/3/4.%20NIM.%206133311044%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/2/5.%20NIM.%206133311044%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/1/6.%20NIM.%206133311044%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/4/7.%20NIM.%206133311044%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/15/8.%20NIM.%206133311044%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/13/9.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/12/10.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20II.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/11/11.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20III.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/10/12.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20IV.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/9/13.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/8/14.%20NIM.%206133311044%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/7/15.%20NIM.%206133311044%20ENCLOSURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/
ctrlnum 29503
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/29503/</relation><title>PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN</title><creator>Manurung, Tunas Inra</creator><subject>GV557 Sports</subject><subject>GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 14 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (79,16%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (95,83%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (62,50 %). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (95,83%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (70,00%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30,00%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 70%. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 26 siswa (86,66%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 86,66. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %</description><date>2017-08-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/14/1.%20NIM.%206133311044%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/5/2.%20NIM.%206133311044%20APPROVAL%20SHEET.docx.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/6/3.%20NIM.%206133311044%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/3/4.%20NIM.%206133311044%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/2/5.%20NIM.%206133311044%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/1/6.%20NIM.%206133311044%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/4/7.%20NIM.%206133311044%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/15/8.%20NIM.%206133311044%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/13/9.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/12/10.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/11/11.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/10/12.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/9/13.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/8/14.%20NIM.%206133311044%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/29503/7/15.%20NIM.%206133311044%20ENCLOSURE.pdf</identifier><identifier> Manurung, Tunas Inra (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>29503</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Manurung, Tunas Inra
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII-4 SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN
publishDate 2017
isbn 206133311044
topic GV557 Sports
GV861 Ball games: Baseball
football
golf
etc
LB Theory and practice of education
url http://digilib.unimed.ac.id/29503/14/1.%20NIM.%206133311044%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/5/2.%20NIM.%206133311044%20APPROVAL%20SHEET.docx.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/6/3.%20NIM.%206133311044%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/3/4.%20NIM.%206133311044%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/2/5.%20NIM.%206133311044%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/1/6.%20NIM.%206133311044%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/4/7.%20NIM.%206133311044%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/15/8.%20NIM.%206133311044%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/13/9.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/12/10.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20II.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/11/11.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20III.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/10/12.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20IV.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/9/13.%20NIM.%206133311044%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/8/14.%20NIM.%206133311044%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/7/15.%20NIM.%206133311044%20ENCLOSURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/29503/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 14 orang siswa putra dan 16 orang siswa putri. Berdasarkan hasil observasi kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola, pada siklus I kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori cukup (79,16%). Sedangkan pada siklus II kemampuan guru dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi sangat baik (95,83%). Selanjutnya, sesuai hasil observasi partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Dan Modifikasi Bola, pada siklus I keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran dalam kategori kurang (62,50 %). Sedangkan pada siklus II keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat menjadi lebih baik (95,83%). Kemudian untuk memperoleh hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli maka dilakukan tes hasil belajar yang dinilai berdasarkan portofolio yang telah disusun. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 21 siswa (70,00%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30,00%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata klasikal 70%. Pada tes hasil belajar siklus II, siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 26 siswa (86,66%) telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) tidak mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai klasikal 86,66. Berdasarkan hasil tes tersebut terjadi peningkatan jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85 %
id IOS3150.29503
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2018-04-01T00:59:31Z
last_indexed 2018-04-01T00:59:31Z
recordtype dc
_version_ 1766033455312797696
score 17.538404