Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara siswa yang di ajar menggunakan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan GQGA dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional di kelas X IPS SMA N 11 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 11 Medan, Jalan Pertiwi No.93 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS, yang berjumlah 114 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel berjumlah 60 orang. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kepercayaan dk = ,diperoleh hasil thitung = 4,45. Sedangkan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel (4,45> 1,67). Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan kolaborasi model pembelajaran Explicit Instruction dan GQGA dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional di kelas X IPS SMA N 11 Medan tahun ajaran 2016/2017