Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Model Inquiry Dikombinasikan Dengan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T.P. 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah seluruhnya 270 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak (random sampling) yaitu kelas X4 sebagai kelas kontrol dan X5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 43 dan 40 orang. Dari hasil analisis data terlihat bahwa ada pengaruh model Inquiry dikombinasikan dengan Mind Mapping terhadap hasil belajar da keterampilan proses sains siswa (KPS). Dimana nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eskperimen sebesar 78,08 dan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa sebesar 78,00 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 54,93 dan nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 53,70. Adanya perbedaan hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thit > ttab ( 1,78 > 1,66) dan untuk keterampilan proses sains siswa thit > ttab ( 7,98 > 1,66). Sehingga dapat disimipulkan bahwa model inquiry dikombinasikan dengan mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa di SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T.P. 2016/2017