ctrlnum 26712
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/26712/</relation><title>PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA INDEX CARD MATCH DAN GRAMMAR CROSSWORD PUZZLE PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID</title><creator>Nurfazhilah, </creator><subject>QD415 Biochemistry</subject><subject>QD71 Analytical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilakukan di MAS Al-Washliyah Raya Kahean pada seluruh kelas XI. Sampel yang digunakan adalah sampel total yang berjumlah 2 kelas, menjadi kelas eksperimen I dan eksperimen II dengan model pembelajaran yang sama yaitu PBL diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I dengan media index card match dan kelas eksperimen II dengan media grammar crosswor puzzle. Dengan tehnik purposif sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes dua pihak untuk hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung= 1,4447. Daerah Kritis pada : t &lt; -2,4298 dan t &gt; 2,4298. Hipotesis aktivitas belajar diperoleh rhitung &#x2265; rtabel (0,07 &gt; 2,4298). Hal ini tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan media index card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen II, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 46,07% dan rata-rata gain kelas eksperimen II sebesar 52,98% dengan selisih peningkatan antara kelas eksperimen I kelas eksperimen II sebesar 6,91%. Dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid</description><date>2017-07-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/1/1.%20NIM%204133331027%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/2/2.%20NIM%204133331027%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/3/3.%20NIM%204133331027%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/4/4.%20NIM%204133331027%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/5/5.%20NIM%204133331027%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/6/6.%20NIM%204133331027%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/7/7.%20NIM%204133331027%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/8/8.%20NIM%204133331027%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/9/9.%20NIM%204133331027%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/10/13.%20NIM%204133331027%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26712/11/14.%20NIM%204133331027%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Nurfazhilah, (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA INDEX CARD MATCH DAN GRAMMAR CROSSWORD PUZZLE PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>26712</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurfazhilah,
title PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA INDEX CARD MATCH DAN GRAMMAR CROSSWORD PUZZLE PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOLOID
publishDate 2017
isbn 204133331027
topic QD415 Biochemistry
QD71 Analytical chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/26712/1/1.%20NIM%204133331027%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/2/2.%20NIM%204133331027%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/3/3.%20NIM%204133331027%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/4/4.%20NIM%204133331027%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/5/5.%20NIM%204133331027%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/6/6.%20NIM%204133331027%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/7/7.%20NIM%204133331027%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/8/8.%20NIM%204133331027%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/9/9.%20NIM%204133331027%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/10/13.%20NIM%204133331027%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/11/14.%20NIM%204133331027%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26712/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Penelitian dilakukan di MAS Al-Washliyah Raya Kahean pada seluruh kelas XI. Sampel yang digunakan adalah sampel total yang berjumlah 2 kelas, menjadi kelas eksperimen I dan eksperimen II dengan model pembelajaran yang sama yaitu PBL diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen I dengan media index card match dan kelas eksperimen II dengan media grammar crosswor puzzle. Dengan tehnik purposif sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes dua pihak untuk hipotesis hasil belajar siswa diperoleh thitung= 1,4447. Daerah Kritis pada : t < -2,4298 dan t > 2,4298. Hipotesis aktivitas belajar diperoleh rhitung ≥ rtabel (0,07 > 2,4298). Hal ini tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan media index card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen II, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 46,07% dan rata-rata gain kelas eksperimen II sebesar 52,98% dengan selisih peningkatan antara kelas eksperimen I kelas eksperimen II sebesar 6,91%. Dengan demikian tidak ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran PBL dengan Media Index Card match dan grammar crossword puzzle pada pokok bahasan sistem koloid
id IOS3150.26712
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-10-19T23:04:56Z
last_indexed 2017-10-19T23:04:57Z
recordtype dc
_version_ 1766033445958451200
score 17.538404