PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Doloksanggul T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Doloksanggul yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TKR 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 37 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen pada model pembelajaran kontekstual. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 66,50 dan kelas kontrol adalah 67,73 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 80.93 dan kelas kontrol 74,97. Dari hasil uji t diperoleh thitung 4,13 sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem rem di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Doloksanggul T.A 2016/2017.