ctrlnum 26131
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/26131/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL T.A 2016/2017</title><creator>Purba, Gustrino</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance</subject><subject>TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Doloksanggul T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Doloksanggul yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TKR 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 37 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen pada model pembelajaran kontekstual. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 66,50 dan kelas kontrol adalah 67,73 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 80.93 dan kelas kontrol 74,97. Dari hasil uji t diperoleh thitung 4,13 sedangkan ttabel dengan &#x3B1; = 0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung &gt; ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem rem di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Doloksanggul T.A 2016/2017.</description><date>2017-06-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/8/1.%20NIM%205113122016%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/10/2.%20NIM%205113122016%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/11/3.%20NIM%205113122016%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/5/4.%20NIM%205113122016%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/1/5.%20NIM%205113122016%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/6/6.%20NIM%205113122016%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/3/7.%20NIM%205113122016%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/2/8.%20NIM%205113122016%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/4/9.%20NIM%205113122016%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/7/13.%20NIM%205113122016%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/26131/9/14.%20NIM%205113122016%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Purba, Gustrino (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>26131</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Purba, Gustrino
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR SMK NEGERI 2 DOLOKSANGGUL T.A 2016/2017
publishDate 2017
isbn 205113122016
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
url http://digilib.unimed.ac.id/26131/8/1.%20NIM%205113122016%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/10/2.%20NIM%205113122016%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/11/3.%20NIM%205113122016%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/5/4.%20NIM%205113122016%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/1/5.%20NIM%205113122016%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/6/6.%20NIM%205113122016%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/3/7.%20NIM%205113122016%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/2/8.%20NIM%205113122016%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/4/9.%20NIM%205113122016%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/7/13.%20NIM%205113122016%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/9/14.%20NIM%205113122016%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26131/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem rem di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Doloksanggul T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Doloksanggul yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan XI TKR 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 37 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen pada model pembelajaran kontekstual. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 66,50 dan kelas kontrol adalah 67,73 kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 80.93 dan kelas kontrol 74,97. Dari hasil uji t diperoleh thitung 4,13 sedangkan ttabel dengan α = 0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem rem di kelas XI TKR SMK Negeri 2 Doloksanggul T.A 2016/2017.
id IOS3150.26131
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-09-10T00:03:10Z
last_indexed 2017-09-10T00:03:10Z
recordtype dc
_version_ 1766033444534484992
score 17.538404