PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STSTIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas X Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P.2016/2017” bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian adalah quasi experimen, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,88 dengan standar deviasi 8,67 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,94 dengan standar deviasi 7,95. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = -1.54 < 1.997 maka kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,25 dengan standar deviasi 4,85 dan kelas kontrol 76,11 dengan standar deviasi 4,43. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 5.14> 1.668, sehingga hipotesis diterima. Aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen juga meningkat sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada materi fluida statis kelas X semester genap di SMA N 9 Medan T.P 2016/2017.