PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan pembelajaran konvensional, menganalisis perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan gaya berpikir konvergen, serta mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan gaya berpikir siswa dalam mempengaruhi hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Methodist Berastagi. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah dalam bentuk pilihan ganda. Uji persyaratan telah dilakukan berupa normalitas dan homogenitas, yang dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: hasil belajar fisika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar fisika antara siswa yang memiliki gaya berpikir divergen lebih baik dibandingkan dengan gaya berpikir konvergen. Terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.