Daftar Isi:
  • Muliati. NIM. 7133141073. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan di SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2016/2017”. Skripsi program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas XI SMK Swasta BM Al-Fattah Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Swasta BM Al-Fattah Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta BM Al-Fattah Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yang terdiri dari kelas eksperimen I dan eksperimen II yang masing-masing populasinya terdiri dari 30 siswa dan diambil penarikan sampel masing-masing 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telas diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “uji t”. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre test dan post test dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning = 42,83 dan 80,33 dan hasil rata-rata pre test dan post test model pembelajaran Think Pair Share = 59 dan 83. Hipotesis penelitian ini diuji t dan diperoleh thitung sebesar -1,348 sedangakan ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata α = 0,05 yaitu thitung < ttabel maka hipotesis penelitian ini ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan segnifikan terhadap hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan hasil belajar kearsipan yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Think Pair