PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELANJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi pembelajaran induktif terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada materi persediaan barang dagang kelas XI AK di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 192 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive samplingyang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing berjumlah 39 orang sehingga menjadi 78 orang, dari 78 orang siswa diambil dengan teknik simple random sampling yaitu 60 orang siswa yaitu masing-masing kelas diambil 30 orang. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi induktif lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (2,658 > 1,671), berarti H0 ditolak dan Haditerima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi pembelajaran induktif lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/207