Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout, (2) perbedaan aktivitas hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout, dan (3) korelasi antara aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yang berjumlah 60 siswa. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen I (77,00 ± 8,05) sedangkan pada kelas eksperimen II (81,83 ± 7,13). Untuk menarik kesimpulan maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05), diperoleh bahwa thitung < -t1⁄2α (-2,452 < -2,002) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout. Sedangkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar (78,15 ± 6,10) dan pada kelas eksperimen II (82,96 ± 5,85). Dengan uji t-dua pihak pada taraf signifikansi 5% (α = 0,05) menunjukkan bahwa thitung < -t1⁄2α (-3,123 < -2,002) maka Ho ditolak. Dengan demikian ada perbedaan aktivitas belajar siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handout. Uji korelasi antara aktivitas dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen I rhitung > rtabel (0,625 > 0,361) dan pada kelas eksperimen II rhitung > rtabel (0,683 > 0,361), maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model PBL menggunakan macromedia flash dan handou