Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); (2) Perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL); (3) Proses jawaban siswa terkait kemampuan penalaran matematis siswa dengan pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Medan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 5 Medan, dengan mengambil sampel dua kelas dari kelas VIII (kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2) melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan penalaran matematis dan angket motivasi belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANACOVA. Sebelum digunakan uji ANACOVA terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dalam penelitian dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (2) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). (3) Proses jawaban siswa dalam penyelesaian soal-soal kemampuan penalaran matematis yang diberi pembelajaran Brain-Based Learning (BBL) lebih baik dan bervariasi dibanding dengan siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL).