EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL SISWA KELAS X MAN PANDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: 1) pengetahuan faktual siswa yang dibelajrkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan peta konsep lebih baik dari pada yang dibelajarkan menggunakan model Direct Instruction (DI); 2) pengetahuan faktual siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik dari pada yang memiliki kemandirian belajar rendah; 3) adanya interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan peta konsep dan model DI dengan kemandirian belajar siswa dalam meningkatkan pengetahuan faktual siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa MAN Pandan. Pemilihan sampel dilakukan secara class random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: 1) tes pengetahuan faktual pada materi pokok kalor dan 2) angket kemandirian belajar. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengetahuan faktual siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan peta konsep lebih baik dari pada yang dibelajarkan menggunakan model DI pada materi pokok kalor di kelas X MAN Pandan; 2) Pengetahuan faktual siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih baik dari pada yang memiliki kemandirian belajar rendah pada materi pokok kalor di kelas X MAN Pandan; 3) Ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan peta konsep dan model DI dengan kemandirian belajar siswa dalam meningkatkan pengetahuan faktual siswa pada materi pokok kalor di kelas X MAN Pandan.