EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan pengajaran langsung; perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi dan rendah; interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat sikap ilmiah siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain Two Group Pretest-Postest Design. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket sikap ilmiah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Anava Dua Jalur. Hasil analisis data hasil belajar antara kelompok eksperimen dan control dihasilkan Fhitung= 10,058 dengan sig. 0,002; tingkat sikap ilmiah Fhitung=104,028 dengan sig. 0,000; interaksi model dengan tingkat sikap ilmiah Fhitung=4,065 dengan sig. 0,049. Karena signifikansinya < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan penerapan pengajaran langsung; hasil belajar siswa yang memiliki sikap ilmiah tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki sikap ilmiah rendah; ada interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.