ctrlnum 24463
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24463/</relation><title>ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017</title><creator>Sipinte, Nellita</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>PL5051 Malayan (Indonesia) languages</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan sistematika penulisan surat dinas dan penggunaan tanda baca pada penulisan surat dinas oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 30 surat dinas siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Metode Deskriptif kualitatif ini sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil menunjukkan ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat dinas tergolong rendah dan belum maksimal. Pada tabel uji kategori dilihat dari 30 surat siswa yang dijadikan sumber data penelitian, hanya 10 siswa yang memperoleh nilai atau hasil di atas skor 80-89 yaitu dalam kategori baik, sedangkan 17 orang siswa lainnya memperoleh hasil dengan kategori cukup yaitu rentang skor 70-79. Berikutnya ditemukan 3 orang siswa memperoleh hasil menulis surat dinas dengan rentang skor 50-69 yang dikategorikan kurang. Hal ini terlihat dari nilai kesalahan penulisan sistematika pada penulisan surat dinas oleh siswa memperoleh nilai terendah 16,6 dan nilai tertinggi 41,6. Sedangkan kesalahan penggunaan tanda baca pada penulisan surat dinas oleh siswa memperoleh nilai terendah 13,3 dan tertinggi 91,6. Ditinjau dari nilai kesalahan penulisan surat dinas, nilai kesalahan yang lebih tinggi adalah kesalahan penggunaan tanda baca. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat dinas masih tergolong rentan dalam melakukan kesalahan. Hal ini disebabkan bahwa pada kenyataannya selama ini siswa hanya cenderung meniru contoh-contoh surat yang telah ada, sehingga pemahaman akan sistematika dan penggunaan tanda baca pada penulisan surat dinas yang baik dan benar masih rendah. Kurangnya penguasaan penulisan surat dinas menjadi penyebab utama munculnya kesalahan berbahasa dalam penulisan surat dinas. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Medan.</description><date>2017-04-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/7/1.%20NIM%202133311063%20COVER%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/8/2.%20NIM%202133311063%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/9/3.%20NIM%202133311063%20ABSTRACT%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/10/4.%20NIM%202133311063%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/6/5.%20NIM%202133311063%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/1/6.%20NIM%202133311063%20LIST%20OF%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/2/7.%20NIM%202133311063%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/5/8.%20NIM%202133311063%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/3/12.%20NIM%202133311063%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24463/4/13.%20NIM%202133311063%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Sipinte, Nellita (2017) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24463</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sipinte, Nellita
title ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA PENULISAN SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 32 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
publishDate 2017
isbn 202133311063
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
PL5051 Malayan (Indonesia) languages
url http://digilib.unimed.ac.id/24463/7/1.%20NIM%202133311063%20COVER%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/8/2.%20NIM%202133311063%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/9/3.%20NIM%202133311063%20ABSTRACT%20.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/10/4.%20NIM%202133311063%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/6/5.%20NIM%202133311063%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/1/6.%20NIM%202133311063%20LIST%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/2/7.%20NIM%202133311063%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/5/8.%20NIM%202133311063%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/3/12.%20NIM%202133311063%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/4/13.%20NIM%202133311063%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24463/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan sistematika penulisan surat dinas dan penggunaan tanda baca pada penulisan surat dinas oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu sebanyak 30 surat dinas siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Metode Deskriptif kualitatif ini sering disebut noneksperimen, karena pada penelitian ini peneliti tidak melakukan kontrol manipulasi variabel penelitian. Hasil menunjukkan ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat dinas tergolong rendah dan belum maksimal. Pada tabel uji kategori dilihat dari 30 surat siswa yang dijadikan sumber data penelitian, hanya 10 siswa yang memperoleh nilai atau hasil di atas skor 80-89 yaitu dalam kategori baik, sedangkan 17 orang siswa lainnya memperoleh hasil dengan kategori cukup yaitu rentang skor 70-79. Berikutnya ditemukan 3 orang siswa memperoleh hasil menulis surat dinas dengan rentang skor 50-69 yang dikategorikan kurang. Hal ini terlihat dari nilai kesalahan penulisan sistematika pada penulisan surat dinas oleh siswa memperoleh nilai terendah 16,6 dan nilai tertinggi 41,6. Sedangkan kesalahan penggunaan tanda baca pada penulisan surat dinas oleh siswa memperoleh nilai terendah 13,3 dan tertinggi 91,6. Ditinjau dari nilai kesalahan penulisan surat dinas, nilai kesalahan yang lebih tinggi adalah kesalahan penggunaan tanda baca. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis surat dinas masih tergolong rentan dalam melakukan kesalahan. Hal ini disebabkan bahwa pada kenyataannya selama ini siswa hanya cenderung meniru contoh-contoh surat yang telah ada, sehingga pemahaman akan sistematika dan penggunaan tanda baca pada penulisan surat dinas yang baik dan benar masih rendah. Kurangnya penguasaan penulisan surat dinas menjadi penyebab utama munculnya kesalahan berbahasa dalam penulisan surat dinas. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 32 Medan.
id IOS3150.24463
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:05Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:05Z
recordtype dc
_version_ 1766033438201085952
score 17.538404