Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan hasil belajar menggambar pola celana panjang pada siswa SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Sampel penelitian sebanyak 53 orang siswa yang diambil dari 2 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling maka sampel diambil keseluruhan karena kurang dari 100 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan kesulitan dan hasil menggambar pola celana panjang yang diamati 5 orang pengamat yaitu 3 orang pengamat berprofesi sebagai Dosen Tata Busana sesuai dengan jurusan busana dan 2 orang pengamat berprofesi sebagai Guru bidang studi Tata Busana. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan kesulitan dan hasil belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran menggambar pola celana panjang siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Hasil perhitungan penilaian pengamatan dari kelima observer (pengamat), dimana Fo < Ft atau (1,56 < 5,19) dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pengamatan dari kelima observer (pengamat) bahwa butir - butir komponen tentang kesulitan dan hasil menggambar pola celana panjang dapat digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Siswa tidak mengalami kesulitan menggambar pola celana panjang sebanyak 32 siswa (60,38 %) dan siswa masih ada yang mengalami kesulitan menggambar pola celana panjang sebanyak 21 siswa (39,62%), Hasil menggambar pola celana panjang wanita siswa kelas XI Tata Busana SMK Negeri 3 Tebing Tinggi, diperoleh rata – rata Mean 96,2 Standart Deviasi 10,10. Dengan skor tertinggi 106,2 dan skor terendah 57,8 dengan kategori tinggi.