Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan PAIKEM pada materi gaya magnet di kelas V SDN 101801 Kedai Durian Kec. Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan menggunakan penerapan PAIKEM. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa Laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan, dan refleski. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan Pre Test untuk mengetahui letak kesulitan pada materi gaya magnet . Hasil penelitian dengan jumlah siswa 32 orang pada saat pre test diperoleh hasil belajar sebesar 9 orang siswa yang tuntas belajar dengan presentase 28,13% dan yang tidak tuntas 23 orang dengan presentase 71,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu 59,94. Pada siklus I dengan penerapan PAIKEM perolehan hasil belajar meningkat menjadi 17 siswa dengan presentase 53,15% dan yang tidak tuntas 15 siswa dengan presentase 46,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu 69,21. Dari hasil siklus I peneliti menindak lanjuti pada siklus II secara signifikan hasil belajar meningkat menjadi 27 orang dengan presentase 84,38% dan yang tidak tuntas 5 siswa dengan presentase 15,63%, perolehan rata-rata kelas yaitu 80,15. Sedangkan hasil yang di peroleh guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada pertemuan I perolehan observasi guru sebesar 65% dengan kategori cukup dan pada pertemuan II perolehan observasi guru meningkat sebesar 75% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II pertemuan I perolahan observasi guru meningkat menjadi 90% dengan kategori baik dan pada pertemuan ke II perolehan observasi guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah dan guru mata pelajaran IPA untuk penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA.