ctrlnum 24436
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24436/</relation><title>PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA&#xD; PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801&#xD; KEDAI DURIANKEC.DELITUA&#xD; T.A 2016/2017</title><creator>Syam, Intan Nazri</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan&#xD; penerapan PAIKEM pada materi gaya magnet di kelas V SDN 101801 Kedai Durian&#xD; Kec. Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian&#xD; Tindakan Kelas) dengan tindakan menggunakan penerapan PAIKEM. Subjek dalam&#xD; penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun&#xD; Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa&#xD; Laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus,&#xD; dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali&#xD; pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,&#xD; pengamatan/pengumpulan, dan refleski. Instrumen yang digunakan dalam penelitian&#xD; ini yaitu tes dan lembar observasi.&#xD; Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar&#xD; dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan Pre Test untuk mengetahui letak&#xD; kesulitan pada materi gaya magnet . Hasil penelitian dengan jumlah siswa 32 orang&#xD; pada saat pre test diperoleh hasil belajar sebesar 9 orang siswa yang tuntas belajar&#xD; dengan presentase 28,13% dan yang tidak tuntas 23 orang dengan presentase 71,88%,&#xD; perolehan rata-rata kelas yaitu 59,94. Pada siklus I dengan penerapan PAIKEM&#xD; perolehan hasil belajar meningkat menjadi 17 siswa dengan presentase 53,15% dan&#xD; yang tidak tuntas 15 siswa dengan presentase 46,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu&#xD; 69,21. Dari hasil siklus I peneliti menindak lanjuti pada siklus II secara signifikan&#xD; hasil belajar meningkat menjadi 27 orang dengan presentase 84,38% dan yang tidak&#xD; tuntas 5 siswa dengan presentase 15,63%, perolehan rata-rata kelas yaitu 80,15.&#xD; Sedangkan hasil yang di peroleh guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya.&#xD; Pada pertemuan I perolehan observasi guru sebesar 65% dengan kategori cukup dan&#xD; pada pertemuan II perolehan observasi guru meningkat sebesar 75% dengan kategori&#xD; baik sedangkan pada siklus II pertemuan I perolahan observasi guru meningkat&#xD; menjadi 90% dengan kategori baik dan pada pertemuan ke II perolehan observasi&#xD; guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik.&#xD; Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan&#xD; penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA&#xD; materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun&#xD; Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah dan guru mata&#xD; pelajaran IPA untuk penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA karena dapat&#xD; meningkatkan hasil belajar IPA.</description><date>2017-04-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/1/1.%20NIM.%201133311040_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/2/2.%20NIM.%201133311040_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/3/3.%20NIM.%201133311040_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/4/4.%20NIM.%201133311040_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/5/5.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/6/6.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/7/7.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/8/8.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/9/9.%20NIM.%201133311040_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/10/13.%20NIM.%201133311040_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/11/14.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Syam, Intan Nazri (2017) PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIANKEC.DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24436</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syam, Intan Nazri
title PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIANKEC.DELITUA T.A 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201133311040
topic LB1501 Primary Education
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/24436/1/1.%20NIM.%201133311040_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/2/2.%20NIM.%201133311040_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/3/3.%20NIM.%201133311040_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/4/4.%20NIM.%201133311040_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/5/5.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/6/6.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/7/7.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/8/8.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/9/9.%20NIM.%201133311040_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/10/13.%20NIM.%201133311040_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/11/14.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24436/
contents Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan PAIKEM pada materi gaya magnet di kelas V SDN 101801 Kedai Durian Kec. Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan menggunakan penerapan PAIKEM. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa Laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/pengumpulan, dan refleski. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan lembar observasi. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan Pre Test untuk mengetahui letak kesulitan pada materi gaya magnet . Hasil penelitian dengan jumlah siswa 32 orang pada saat pre test diperoleh hasil belajar sebesar 9 orang siswa yang tuntas belajar dengan presentase 28,13% dan yang tidak tuntas 23 orang dengan presentase 71,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu 59,94. Pada siklus I dengan penerapan PAIKEM perolehan hasil belajar meningkat menjadi 17 siswa dengan presentase 53,15% dan yang tidak tuntas 15 siswa dengan presentase 46,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu 69,21. Dari hasil siklus I peneliti menindak lanjuti pada siklus II secara signifikan hasil belajar meningkat menjadi 27 orang dengan presentase 84,38% dan yang tidak tuntas 5 siswa dengan presentase 15,63%, perolehan rata-rata kelas yaitu 80,15. Sedangkan hasil yang di peroleh guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada pertemuan I perolehan observasi guru sebesar 65% dengan kategori cukup dan pada pertemuan II perolehan observasi guru meningkat sebesar 75% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II pertemuan I perolahan observasi guru meningkat menjadi 90% dengan kategori baik dan pada pertemuan ke II perolehan observasi guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah dan guru mata pelajaran IPA untuk penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA karena dapat meningkatkan hasil belajar IPA.
id IOS3150.24436
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:04Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:04Z
recordtype dc
_version_ 1766033438085742592
score 17.538404