PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIANKEC.DELITUA T.A 2016/2017
ctrlnum |
24436 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24436/</relation><title>PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801
KEDAI DURIANKEC.DELITUA
T.A 2016/2017</title><creator>Syam, Intan Nazri</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
penerapan PAIKEM pada materi gaya magnet di kelas V SDN 101801 Kedai Durian
Kec. Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) dengan tindakan menggunakan penerapan PAIKEM. Subjek dalam
penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun
Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa
Laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus,
dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali
pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan/pengumpulan, dan refleski. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu tes dan lembar observasi.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan Pre Test untuk mengetahui letak
kesulitan pada materi gaya magnet . Hasil penelitian dengan jumlah siswa 32 orang
pada saat pre test diperoleh hasil belajar sebesar 9 orang siswa yang tuntas belajar
dengan presentase 28,13% dan yang tidak tuntas 23 orang dengan presentase 71,88%,
perolehan rata-rata kelas yaitu 59,94. Pada siklus I dengan penerapan PAIKEM
perolehan hasil belajar meningkat menjadi 17 siswa dengan presentase 53,15% dan
yang tidak tuntas 15 siswa dengan presentase 46,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu
69,21. Dari hasil siklus I peneliti menindak lanjuti pada siklus II secara signifikan
hasil belajar meningkat menjadi 27 orang dengan presentase 84,38% dan yang tidak
tuntas 5 siswa dengan presentase 15,63%, perolehan rata-rata kelas yaitu 80,15.
Sedangkan hasil yang di peroleh guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya.
Pada pertemuan I perolehan observasi guru sebesar 65% dengan kategori cukup dan
pada pertemuan II perolehan observasi guru meningkat sebesar 75% dengan kategori
baik sedangkan pada siklus II pertemuan I perolahan observasi guru meningkat
menjadi 90% dengan kategori baik dan pada pertemuan ke II perolehan observasi
guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun
Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah dan guru mata
pelajaran IPA untuk penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA karena dapat
meningkatkan hasil belajar IPA.</description><date>2017-04-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/1/1.%20NIM.%201133311040_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/2/2.%20NIM.%201133311040_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/3/3.%20NIM.%201133311040_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/4/4.%20NIM.%201133311040_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/5/5.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/6/6.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/7/7.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/8/8.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/9/9.%20NIM.%201133311040_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/10/13.%20NIM.%201133311040_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24436/11/14.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Syam, Intan Nazri (2017) PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIANKEC.DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24436</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syam, Intan Nazri |
title |
PENERAPAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101801
KEDAI DURIANKEC.DELITUA
T.A 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
isbn |
201133311040 |
topic |
LB1501 Primary Education Q Science (General) |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/24436/1/1.%20NIM.%201133311040_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/2/2.%20NIM.%201133311040_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/3/3.%20NIM.%201133311040_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/4/4.%20NIM.%201133311040_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/5/5.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/6/6.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/7/7.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/8/8.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/9/9.%20NIM.%201133311040_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/10/13.%20NIM.%201133311040_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/11/14.%20NIM.%201133311040_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24436/ |
contents |
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
penerapan PAIKEM pada materi gaya magnet di kelas V SDN 101801 Kedai Durian
Kec. Delitua T.A 2016/2017. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) dengan tindakan menggunakan penerapan PAIKEM. Subjek dalam
penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun
Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa
Laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pelaksanaan dilakukan selama 2 siklus,
dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali
pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan/pengumpulan, dan refleski. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu tes dan lembar observasi.
Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar
dimana sebelum dilaksanakan siklus I dilakukan Pre Test untuk mengetahui letak
kesulitan pada materi gaya magnet . Hasil penelitian dengan jumlah siswa 32 orang
pada saat pre test diperoleh hasil belajar sebesar 9 orang siswa yang tuntas belajar
dengan presentase 28,13% dan yang tidak tuntas 23 orang dengan presentase 71,88%,
perolehan rata-rata kelas yaitu 59,94. Pada siklus I dengan penerapan PAIKEM
perolehan hasil belajar meningkat menjadi 17 siswa dengan presentase 53,15% dan
yang tidak tuntas 15 siswa dengan presentase 46,88%, perolehan rata-rata kelas yaitu
69,21. Dari hasil siklus I peneliti menindak lanjuti pada siklus II secara signifikan
hasil belajar meningkat menjadi 27 orang dengan presentase 84,38% dan yang tidak
tuntas 5 siswa dengan presentase 15,63%, perolehan rata-rata kelas yaitu 80,15.
Sedangkan hasil yang di peroleh guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya.
Pada pertemuan I perolehan observasi guru sebesar 65% dengan kategori cukup dan
pada pertemuan II perolehan observasi guru meningkat sebesar 75% dengan kategori
baik sedangkan pada siklus II pertemuan I perolahan observasi guru meningkat
menjadi 90% dengan kategori baik dan pada pertemuan ke II perolehan observasi
guru sebesar 95% dengan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan
penerapan PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
materi gaya magnet di kelas V SD Negeri 101801 Kedai Durian Kec. Delitua Tahun
Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu disarankan kepada kepala sekolah dan guru mata
pelajaran IPA untuk penerapan PAIKEM dalam pembelajaran IPA karena dapat
meningkatkan hasil belajar IPA. |
id |
IOS3150.24436 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:43:04Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:43:04Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033438085742592 |
score |
17.538404 |