Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur T.A. 2016/2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan observasi terhadap siswa kelas III-B SDN 104204 Sambirejo Timur dan memberikan lembar angket motivasi belajar kepada siswa untuk mengetahui kondisi awal (pratindakan). Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa jumlah siswa yang termotivasi dalam belajar yaitu sebanyak 3 orang atau (13.04%) dengan nilai rata-rata kelas 36.9, siklus I siswa yang termotivasi sebanyak 11 orang atau (47.82%) dengan nilai rata-rata kelas 63.2, dan pada siklus II siswa yang termotivasi belajar sebanyak 21 orang atau (91.30%) dengan nilai ratarata kelas 86.84. Peningkatan motivasi ini dibarengi dengan penggunaan model pembelajaran Card Sort pada materi pokok gerak benda di siklus I dan dilakukan perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur T.A. 2016/2017.