ctrlnum 24428
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24428/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN&#xD; MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III&#xD; SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A. 2016 / 2017</title><creator>Danur, Dessy Wulandary</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa&#xD; dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran IPA materi&#xD; pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur T.A. 2016/2017.&#xD; Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari&#xD; dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti&#xD; melakukan observasi terhadap siswa kelas III-B SDN 104204 Sambirejo Timur dan&#xD; memberikan lembar angket motivasi belajar kepada siswa untuk mengetahui kondisi&#xD; awal (pratindakan).&#xD; Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada kondisi awal&#xD; menunjukkan bahwa jumlah siswa yang termotivasi dalam belajar yaitu sebanyak 3&#xD; orang atau (13.04%) dengan nilai rata-rata kelas 36.9, siklus I siswa yang termotivasi&#xD; sebanyak 11 orang atau (47.82%) dengan nilai rata-rata kelas 63.2, dan pada siklus II&#xD; siswa yang termotivasi belajar sebanyak 21 orang atau (91.30%) dengan nilai ratarata&#xD; kelas 86.84. Peningkatan motivasi ini dibarengi dengan penggunaan model&#xD; pembelajaran Card Sort pada materi pokok gerak benda di siklus I dan dilakukan&#xD; perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II.&#xD; Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model&#xD; pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran IPA materi pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur&#xD; T.A. 2016/2017.</description><date>2017-04-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/1/1.%20NIM.%201133111013_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/2/2.%20NIM.%201133111013_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/3/3.%20NIM.%201133111013_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/4/4.%20NIM.%201133111013_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/5/5.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/6/6.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/7/7.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/8/8.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/9/9.%20NIM.%201133111013_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/10/13.%20NIM.%201133111013_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24428/11/14.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Danur, Dessy Wulandary (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A. 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24428</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Danur, Dessy Wulandary
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS III SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A. 2016 / 2017
publishDate 2017
isbn 201133111013
topic LB1501 Primary Education
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/24428/1/1.%20NIM.%201133111013_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/2/2.%20NIM.%201133111013_LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/3/3.%20NIM.%201133111013_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/4/4.%20NIM.%201133111013_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/5/5.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/6/6.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/7/7.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20DIAGRAM.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/8/8.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/9/9.%20NIM.%201133111013_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/10/13.%20NIM.%201133111013_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/11/14.%20NIM.%201133111013_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24428/
contents Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur T.A. 2016/2017. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan observasi terhadap siswa kelas III-B SDN 104204 Sambirejo Timur dan memberikan lembar angket motivasi belajar kepada siswa untuk mengetahui kondisi awal (pratindakan). Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa pada kondisi awal menunjukkan bahwa jumlah siswa yang termotivasi dalam belajar yaitu sebanyak 3 orang atau (13.04%) dengan nilai rata-rata kelas 36.9, siklus I siswa yang termotivasi sebanyak 11 orang atau (47.82%) dengan nilai rata-rata kelas 63.2, dan pada siklus II siswa yang termotivasi belajar sebanyak 21 orang atau (91.30%) dengan nilai ratarata kelas 86.84. Peningkatan motivasi ini dibarengi dengan penggunaan model pembelajaran Card Sort pada materi pokok gerak benda di siklus I dan dilakukan perbaikan kegiatan pembelajaran pada siklus II. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok gerak benda di Kelas III SDN 104204 Sambirejo Timur T.A. 2016/2017.
id IOS3150.24428
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
recordtype dc
_version_ 1766033438046945280
score 17.538404