Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok gaya magnet dengan menerapkan model pembelajaran pair checks. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101766 Bandar Setia di kelas V pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28. Terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-test dari 28 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 4 siswa (14,29) dengan rata-rata nilai 46,60 dan sebanyak 24 siswa (85,71%) belum tuntas. Pada Siklus I sebanyak 15 siswa (53,57%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 68,21, dan sebanyak 13 siwa (46,43%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa (92,86%) dengan rata-rata nilai 83,57 dan sebanyak 2 siswa (7,14%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 71,87 (baik) dan mengalami peningkatan pada silkus II dengan nilai 96,87(sangat baik). demikian juga hasil observasi siswa pada saat siklus I hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 69,07 dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 83. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 1017766 Bandar Setia.