PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017
ctrlnum |
24424 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24424/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR
SETIA T.A 2016/2017</title><creator>Wahyuni, Zuhro</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok
gaya magnet dengan menerapkan model pembelajaran pair checks.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 101766 Bandar Setia di kelas V pada semester genap tahun
ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28. Terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah
dengan menggunakan soal tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar
observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini
terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-test dari 28 siswa
diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 4 siswa (14,29) dengan rata-rata nilai 46,60
dan sebanyak 24 siswa (85,71%) belum tuntas. Pada Siklus I sebanyak 15 siswa
(53,57%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 68,21, dan sebanyak 13 siwa
(46,43%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
klasikal sebanyak 26 siswa (92,86%) dengan rata-rata nilai 83,57 dan sebanyak 2
siswa (7,14%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami
peningkatan, saat siklus I hanya 71,87 (baik) dan mengalami peningkatan pada
silkus II dengan nilai 96,87(sangat baik). demikian juga hasil observasi siswa
pada saat siklus I hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 69,07 dan meningkat
setelah diadakan siklus II menjadi 83.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 1017766 Bandar
Setia.</description><date>2017-04-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/1/1.%20NIM.%201131111053_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/2/2.%20NIM.%201131111053_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/3/3.%20NIM.%201131111053_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/4/4.%20NIM.%201131111053_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/5/5.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/6/6.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/7/7.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/8/8.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/9/9.%20NIM.%201131111053_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/10/13.%20NIM.%201131111053_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/11/14.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Wahyuni, Zuhro (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24424</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Wahyuni, Zuhro |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA
PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR
SETIA T.A 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
isbn |
201131111053 |
topic |
LB1501 Primary Education Q Science (General) |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/24424/1/1.%20NIM.%201131111053_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/2/2.%20NIM.%201131111053_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/3/3.%20NIM.%201131111053_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/4/4.%20NIM.%201131111053_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/5/5.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/6/6.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/7/7.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/8/8.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/9/9.%20NIM.%201131111053_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/10/13.%20NIM.%201131111053_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/11/14.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24424/ |
contents |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok
gaya magnet dengan menerapkan model pembelajaran pair checks.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 101766 Bandar Setia di kelas V pada semester genap tahun
ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28. Terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah
dengan menggunakan soal tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar
observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini
terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing
siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-test dari 28 siswa
diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 4 siswa (14,29) dengan rata-rata nilai 46,60
dan sebanyak 24 siswa (85,71%) belum tuntas. Pada Siklus I sebanyak 15 siswa
(53,57%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 68,21, dan sebanyak 13 siwa
(46,43%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan
klasikal sebanyak 26 siswa (92,86%) dengan rata-rata nilai 83,57 dan sebanyak 2
siswa (7,14%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami
peningkatan, saat siklus I hanya 71,87 (baik) dan mengalami peningkatan pada
silkus II dengan nilai 96,87(sangat baik). demikian juga hasil observasi siswa
pada saat siklus I hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 69,07 dan meningkat
setelah diadakan siklus II menjadi 83.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 1017766 Bandar
Setia. |
id |
IOS3150.24424 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:43:03Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:43:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033438033313792 |
score |
17.538404 |