ctrlnum 24424
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24424/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM&#xD; MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA&#xD; PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)&#xD; DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR&#xD; SETIA T.A 2016/2017</title><creator>Wahyuni, Zuhro</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok&#xD; gaya magnet dengan menerapkan model pembelajaran pair checks.&#xD; Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini&#xD; dilaksanakan di SDN 101766 Bandar Setia di kelas V pada semester genap tahun&#xD; ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28. Terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa&#xD; perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah&#xD; dengan menggunakan soal tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar&#xD; observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini&#xD; terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing&#xD; siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan&#xD; dan refleksi.&#xD; Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-test dari 28 siswa&#xD; diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 4 siswa (14,29) dengan rata-rata nilai 46,60&#xD; dan sebanyak 24 siswa (85,71%) belum tuntas. Pada Siklus I sebanyak 15 siswa&#xD; (53,57%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 68,21, dan sebanyak 13 siwa&#xD; (46,43%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan&#xD; klasikal sebanyak 26 siswa (92,86%) dengan rata-rata nilai 83,57 dan sebanyak 2&#xD; siswa (7,14%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami&#xD; peningkatan, saat siklus I hanya 71,87 (baik) dan mengalami peningkatan pada&#xD; silkus II dengan nilai 96,87(sangat baik). demikian juga hasil observasi siswa&#xD; pada saat siklus I hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 69,07 dan meningkat&#xD; setelah diadakan siklus II menjadi 83.&#xD; Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model&#xD; pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 1017766 Bandar&#xD; Setia.</description><date>2017-04-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/1/1.%20NIM.%201131111053_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/2/2.%20NIM.%201131111053_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/3/3.%20NIM.%201131111053_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/4/4.%20NIM.%201131111053_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/5/5.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/6/6.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/7/7.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/8/8.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/9/9.%20NIM.%201131111053_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/10/13.%20NIM.%201131111053_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24424/11/14.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Wahyuni, Zuhro (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24424</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wahyuni, Zuhro
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS V SD NEGERI 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201131111053
topic LB1501 Primary Education
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/24424/1/1.%20NIM.%201131111053_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/2/2.%20NIM.%201131111053_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/3/3.%20NIM.%201131111053_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/4/4.%20NIM.%201131111053_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/5/5.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/6/6.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/7/7.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/8/8.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/9/9.%20NIM.%201131111053_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/10/13.%20NIM.%201131111053_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/11/14.%20NIM.%201131111053_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24424/
contents Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok gaya magnet dengan menerapkan model pembelajaran pair checks. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101766 Bandar Setia di kelas V pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 28. Terdiri dari 11 laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan soal tes berupa soal pilihan berganda dan observasi, lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal (pre test) dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masingmasing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre-test dari 28 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 4 siswa (14,29) dengan rata-rata nilai 46,60 dan sebanyak 24 siswa (85,71%) belum tuntas. Pada Siklus I sebanyak 15 siswa (53,57%) mendapat nilai tuntas dengan rata-rata nilai 68,21, dan sebanyak 13 siwa (46,43%) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa (92,86%) dengan rata-rata nilai 83,57 dan sebanyak 2 siswa (7,14%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 71,87 (baik) dan mengalami peningkatan pada silkus II dengan nilai 96,87(sangat baik). demikian juga hasil observasi siswa pada saat siklus I hanya memperoleh rata-rata nilai sebesar 69,07 dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 83. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pair checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas V SD Negeri 1017766 Bandar Setia.
id IOS3150.24424
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
recordtype dc
_version_ 1766033438033313792
score 17.538404