MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS III SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017 yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan membaca siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I adalah 64,60 atau tingkat kemampuan membaca siswa termasuk dalam kriteria tidak mampu dengan 15 (65,22%) dari keseluruhan siswa telah mampu dalam membaca dan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 78,30 atau tingkat kemapuan membaca siswa termasuk dalam kriteria mampu dengan 21 (91,30%) dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai ratarata kemampuan membaca siswa pada test isian siklus II dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan. Selain itu, dari hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terlaksana dengan baik. Diperoleh hasil pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria tingkat mampu dalam kemampuan membaca siswa sebanyak 7 siswa yang secara klasikal sebesar 30,43% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang secara klasikal sebesar 86,96%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat