ctrlnum 24421
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24421/</relation><title>MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA&#xD; PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN&#xD; STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS III&#xD; SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT&#xD; T.A 2016/2017</title><creator>Chintami, Ridha Putri</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>PL5051 Malayan (Indonesia) languages</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa&#xD; dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read,&#xD; Reflect, Recite and Review). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD&#xD; Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017 yang berjumlah 23 orang yang&#xD; terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan&#xD; Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir&#xD; siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan&#xD; membaca siswa.&#xD; Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca siswa&#xD; pada siklus I adalah 64,60 atau tingkat kemampuan membaca siswa termasuk&#xD; dalam kriteria tidak mampu dengan 15 (65,22%) dari keseluruhan siswa telah&#xD; mampu dalam membaca dan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca&#xD; siswa adalah 78,30 atau tingkat kemapuan membaca siswa termasuk dalam&#xD; kriteria mampu dengan 21 (91,30%) dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai ratarata&#xD; kemampuan membaca siswa pada test isian siklus II dapat disimpulkan&#xD; bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan. Selain itu, dari hasil&#xD; pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi pembelajaran PQ4R&#xD; (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terlaksana dengan baik.&#xD; Diperoleh hasil pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria tingkat mampu&#xD; dalam kemampuan membaca siswa sebanyak 7 siswa yang secara klasikal sebesar&#xD; 30,43% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang secara&#xD; klasikal sebesar 86,96%.&#xD; Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R&#xD; (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat meningkatkan&#xD; kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat</description><date>2017-04-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/1/1.%20NIM%201133311072%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/2/2.%20NIM%201133311072%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/3/3.%20NIM%201133311072%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/4/3.%20NIM%201133311072%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/5/4.%20NIM%201133311072%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/6/5.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/7/7.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/8/8.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/9/9.%20NIM%201133311072%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/10/13.%20NIM%201133311072%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24421/11/14.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Chintami, Ridha Putri (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS III SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24421</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Chintami, Ridha Putri
title MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS III SD NEGERI 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201133311072
topic LB1501 Primary Education
PL5051 Malayan (Indonesia) languages
url http://digilib.unimed.ac.id/24421/1/1.%20NIM%201133311072%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/2/2.%20NIM%201133311072%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%26%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/3/3.%20NIM%201133311072%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/4/3.%20NIM%201133311072%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/5/4.%20NIM%201133311072%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/6/5.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/7/7.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/8/8.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/9/9.%20NIM%201133311072%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/10/13.%20NIM%201133311072%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/11/14.%20NIM%201133311072%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24421/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III B SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A 2016/2017 yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan membaca siswa. Dari analisis data diperoleh nilai rata-rata kemampuan membaca siswa pada siklus I adalah 64,60 atau tingkat kemampuan membaca siswa termasuk dalam kriteria tidak mampu dengan 15 (65,22%) dari keseluruhan siswa telah mampu dalam membaca dan pada siklus II nilai rata-rata kemampuan membaca siswa adalah 78,30 atau tingkat kemapuan membaca siswa termasuk dalam kriteria mampu dengan 21 (91,30%) dari seluruh siswa. Berdasarkan nilai ratarata kemampuan membaca siswa pada test isian siklus II dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca siswa mengalami peningkatan. Selain itu, dari hasil pengamatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) terlaksana dengan baik. Diperoleh hasil pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi kriteria tingkat mampu dalam kemampuan membaca siswa sebanyak 7 siswa yang secara klasikal sebesar 30,43% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa yang secara klasikal sebesar 86,96%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 101772 Tanjung Selamat
id IOS3150.24421
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:03Z
recordtype dc
_version_ 1766033438019682304
score 17.538404