Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di kelas X SMA Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Al-Hidayah Medan yang berjumlah 26 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di kelas X SMA Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan setiap akhir siklus. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai tes kemampuan representasi matematis pada siklus I sebesar 61,81 dengan 38,46% dari jumlah siswa yang mengikuti tes memiliki tingkat kemampuan representasi matematis minimal kategori baik kemudian meningkat pada siklus II sebesar 88,46%. Berdasarkan pada siklus II dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa di kelas X SMA Al- Hidayah Medan Tahun Ajaran 2016/2017.