MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017

Main Author: Priani, Nelda Okta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24285/5/01.%20COVER%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/6/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/8/03.%20%20ABSTRAK%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/7/04.%20KATA%20PENGANTAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/9/05.%20DAFTAR%20ISI%20%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/06.%20DAFTAR%20TABEL%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/1/07.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/2/08.%20DAFTAR%20GAMBAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/09.%20BAB%201%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/3/13.%20BAB%20V%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/
Daftar Isi:
  • Masalah dalampenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Materi Pokok Peristiwa Alam ,Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu guru lebih dominan menggunakan metode konvensional ,metode yang di gunakan guru kurang bervariasi, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung,Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, karena kurangnya keberanian siswa dala bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I, Peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “menggunakan Metode pembelajara The Learning Cell untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok Peristiwa Alam di kelas V A SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode The Learning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN 101775 Sampali Kab.Deli Serdang yang berjumlah 26 Siswa. Berdasarkan analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MetodeThe Lerning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang yang di bukikan dengan nilai tes awal 47,11dimana 5 orang siswa atau(19,23%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sedangkan ada 21 orang belum mencapai ketuntasan belajar. namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di peroleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,11 dimana 14 orang siswa atau (53,84%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 12 orang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II ini terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa diperoleh 80,19% dimana 23 orang siswa atau(88,46%) siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 3 orang siswa (11,53%)lainya belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang. Guru juga hendaknya menggunakan metode The Learning Cell supaya siswa lebih aktif, Kreatif dalam proses belajar mengajar