MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017

Main Author: Priani, Nelda Okta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24285/5/01.%20COVER%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/6/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/8/03.%20%20ABSTRAK%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/7/04.%20KATA%20PENGANTAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/9/05.%20DAFTAR%20ISI%20%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/06.%20DAFTAR%20TABEL%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/1/07.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/2/08.%20DAFTAR%20GAMBAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/09.%20BAB%201%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/3/13.%20BAB%20V%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/
ctrlnum 24285
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24285/</relation><title>MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017</title><creator>Priani, Nelda Okta</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>Q Science (General)</subject><description>Masalah dalampenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Materi Pokok Peristiwa Alam ,Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu guru lebih dominan menggunakan metode konvensional ,metode yang di gunakan guru kurang bervariasi, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung,Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, karena kurangnya keberanian siswa dala bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I, Peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah &#x201C;menggunakan Metode pembelajara The Learning Cell untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok Peristiwa Alam di kelas V A SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017&#x201D;. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode The Learning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN 101775 Sampali Kab.Deli Serdang yang berjumlah 26 Siswa. Berdasarkan analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MetodeThe Lerning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang yang di bukikan dengan nilai tes awal 47,11dimana 5 orang siswa atau(19,23%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sedangkan ada 21 orang belum mencapai ketuntasan belajar. namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di peroleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,11 dimana 14 orang siswa atau (53,84%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 12 orang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II ini terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa diperoleh 80,19% dimana 23 orang siswa atau(88,46%) siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 3 orang siswa (11,53%)lainya belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang. Guru juga hendaknya menggunakan metode The Learning Cell supaya siswa lebih aktif, Kreatif dalam proses belajar mengajar</description><date>2017-04-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/5/01.%20COVER%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/6/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/8/03.%20%20ABSTRAK%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/7/04.%20KATA%20PENGANTAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/9/05.%20DAFTAR%20ISI%20%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/06.%20DAFTAR%20TABEL%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/1/07.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/2/08.%20DAFTAR%20GAMBAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/09.%20BAB%201%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/3/13.%20BAB%20V%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf</identifier><identifier> Priani, Nelda Okta (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24285</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Priani, Nelda Okta
title MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THE LEARNING CELL PADA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 101775 SAMPALI KAB. DELI SERDANG T.A 2016/2017
publishDate 2017
isbn 201133311015
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1501 Primary Education
Q Science (General)
url http://digilib.unimed.ac.id/24285/5/01.%20COVER%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/6/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/8/03.%20%20ABSTRAK%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/7/04.%20KATA%20PENGANTAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/9/05.%20DAFTAR%20ISI%20%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/06.%20DAFTAR%20TABEL%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/1/07.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/2/08.%20DAFTAR%20GAMBAR%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/09.%20BAB%201%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/3/13.%20BAB%20V%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/4/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20NELDA%20OKTA%20PRIANI%20%28NIM%201133311015%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24285/
contents Masalah dalampenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Materi Pokok Peristiwa Alam ,Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu guru lebih dominan menggunakan metode konvensional ,metode yang di gunakan guru kurang bervariasi, siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung,Rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, karena kurangnya keberanian siswa dala bertanya dan menyampaikan pendapat. Penelitian yang di lakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, Siklus I dan Siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada Siklus I, Peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “menggunakan Metode pembelajara The Learning Cell untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Materi pokok Peristiwa Alam di kelas V A SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode The Learning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VB SDN 101775 Sampali kab.Deli Serdang T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN 101775 Sampali Kab.Deli Serdang yang berjumlah 26 Siswa. Berdasarkan analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan MetodeThe Lerning Cell dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang yang di bukikan dengan nilai tes awal 47,11dimana 5 orang siswa atau(19,23%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan sedangkan ada 21 orang belum mencapai ketuntasan belajar. namun setelah dilakukan tindakan pada siklus I di peroleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 67,11 dimana 14 orang siswa atau (53,84%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 12 orang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II ini terdapat rata-rata tes hasil belajar siswa diperoleh 80,19% dimana 23 orang siswa atau(88,46%) siswa sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar , sedangkan 3 orang siswa (11,53%)lainya belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode The Learning Cell dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sains kelas V SD Negeri 101775 Sampali kab. Deli serdang. Guru juga hendaknya menggunakan metode The Learning Cell supaya siswa lebih aktif, Kreatif dalam proses belajar mengajar
id IOS3150.24285
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:43:01Z
last_indexed 2017-07-11T01:43:01Z
recordtype dc
_version_ 1766033436926017536
score 17.538404