ctrlnum 24207
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24207/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN</title><creator>Anshari, Hidayat</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa (3) Bagaimanakah proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan. Penelitian terdiri dari dua kelas berjumlah 50 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan komunikasi matematik, (2) angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis covarians. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pendekatan realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif dan dapat juga meningkatkan self-efficacy siswa sehingga berani berargumentasi, lebih percaya diri dan kreatif.</description><date>2017-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/7/1.%20NIM.%208146171037%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/6/2.%20NIM%208146171037%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/8/3.%20NIM.%208146171037%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/9/4.%20NIM.%208146171037%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/4/5.%20NIM.%208146171037%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/6.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/2/7.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/8.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/3/12.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/5/13.%20NIM.%208146171037%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Anshari, Hidayat (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24207</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Anshari, Hidayat
title PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN
publishDate 2017
isbn 208146171037
topic L Education (General)
LB Theory and practice of education
LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1603 Secondary Education. High schools
QA Mathematics
url http://digilib.unimed.ac.id/24207/7/1.%20NIM.%208146171037%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/6/2.%20NIM%208146171037%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/8/3.%20NIM.%208146171037%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/9/4.%20NIM.%208146171037%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/4/5.%20NIM.%208146171037%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/6.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/2/7.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/8.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/3/12.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/5/13.%20NIM.%208146171037%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24207/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa (3) Bagaimanakah proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan. Penelitian terdiri dari dua kelas berjumlah 50 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan komunikasi matematik, (2) angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis covarians. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pendekatan realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif dan dapat juga meningkatkan self-efficacy siswa sehingga berani berargumentasi, lebih percaya diri dan kreatif.
id IOS3150.24207
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:59Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:59Z
recordtype dc
_version_ 1766033436565307392
score 17.538404