PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN
ctrlnum |
24207 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/24207/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN</title><creator>Anshari, Hidayat</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa (3) Bagaimanakah proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan. Penelitian terdiri dari dua kelas berjumlah 50 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan komunikasi matematik, (2) angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis covarians. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pendekatan realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif dan dapat juga meningkatkan self-efficacy siswa sehingga berani berargumentasi, lebih percaya diri dan kreatif.</description><date>2017-01-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/7/1.%20NIM.%208146171037%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/6/2.%20NIM%208146171037%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/8/3.%20NIM.%208146171037%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/9/4.%20NIM.%208146171037%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/4/5.%20NIM.%208146171037%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/6.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/2/7.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/8.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/3/12.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/24207/5/13.%20NIM.%208146171037%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Anshari, Hidayat (2017) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>24207</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Anshari, Hidayat |
title |
PENGARUH PENDEKATAN REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP TAMAN HARAPAN MEDAN |
publishDate |
2017 |
isbn |
208146171037 |
topic |
L Education (General) LB Theory and practice of education LB1025 Teaching (Principles and Practice) LB1603 Secondary Education. High schools QA Mathematics |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/24207/7/1.%20NIM.%208146171037%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/6/2.%20NIM%208146171037%20APPROVAL%20SHEET.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/8/3.%20NIM.%208146171037%20ABSTRACT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/9/4.%20NIM.%208146171037%20PREFACE.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/4/5.%20NIM.%208146171037%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/6.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20TABLES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/2/7.%20NIM.%208146171037%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/1/8.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/3/12.%20NIM.%208146171037%20CHAPTER%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/5/13.%20NIM.%208146171037%20BIBLIOGRAPHY.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24207/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Apakah terdapat pengaruh pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa (3) Bagaimanakah proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan. Penelitian terdiri dari dua kelas berjumlah 50 orang siswa. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan realistik dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) tes kemampuan komunikasi matematik, (2) angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan analisis covarians. Hasil penelitiaan menunjukkan (1) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (2) Pengaruh pembelajaran pendekatan realistik terhadap self-efficacy siswa lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa menggunakan pendekatan realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pendekatan realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif dan dapat juga meningkatkan self-efficacy siswa sehingga berani berargumentasi, lebih percaya diri dan kreatif. |
id |
IOS3150.24207 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:59Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033436565307392 |
score |
17.538404 |