Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i IVB SD Negeri 101771 Tembung sebanyak 25 orang dengan jumlah laki – laki 14 orang dan 11 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Cooperative Tipe Time Token.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket Rata-rata angket motivasi belajar pada Pra Siklus sebesar 49,68% dengan kriteria motivasi rendah. Hanya 1 orang atau 4% dari 25 orang yang termotivasi dan 24 orang atau 96% tidak termotivasi. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 60,68% dengan kriteria motivasi sedang dan pada Siklus II persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 85,23% dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 58,49%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan ratarata 61,49%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 75,37% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 85,23%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas IVB pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 61,60 (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 71,42 (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 91,96 (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 93,75 (Sangat Baik). Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Cooperative tipe Time Token dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran IPS Materi Pokok Koperasi di kelas IVB SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016 / 2017.