Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh stategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran 2016/2017. Pengaruh dari strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika adalah mempengaruhi kerjasama antarsiswa, menumbuh kembangkan kemampuan pemahaman komunikasi siswa terhadapa materi pelajaran, siswa semakin berminat untuk belajar matematika. Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang ada di SD Negeri 101801 yang berjumlah 66 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 31 siswa dan kelas IV-B berjumlah 35 siswa. Teknik instrument tes melalui tes dan observasi. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Uji instrument tes sebanyak 20 soal valid. Pada uji reabilitas reabilitas tes tergolong rendah 0,31. Analisis data tes akhir diperoleh hasil rata-rata dari kelas eksperimen 80,8 (baik) dengan standar deviasi 5,50 sedangkan kelas kontrol diperoleh 69,3 (cukup) dengan standar deviasi 5,83. Pada uji normalitas di kelas eksperimen nilai L0 (0,0007) < nilai Ltabel (0,1563) sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai L0 (-0,1662) < nilai Ltabel (0,1497) dimana kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai Fhitung = 1,1226 < 1,89 (homogen). Uji hipotesis didapat thitung (8,16) > ttabel (1,99) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran 2016/2017.