Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada lagu nusantara kelas VIII-I di SMP YP Pembangunan Galang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah True eksperimen dengan desain Pretest- Psottest Kontrol Group Design.. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII semester genap yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-II sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 25 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan post test dan analisis data didapatkan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen 78,26 dari dan nilai rata-rata kelompok kontrol 66. Dari hasil pengujian hipotesis, ternyata hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan uji hipotesis dengan t-tes dua pihak dan dari perhitungan statistiknya diperoleh nilai thitung = 4,60 selanjutnya harga thitung tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,0 maka thitung ≥ ttabel atau - thitung ≤ - ttabel yaitu 4,60 ≥ 2,0 atau -4,60 ≤ -2,0. Maka hasil pengujian hipotesis adalah Ho ditolak dan Ha diterima Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada lagu nusantara kelas VIII-I di SMP YP Pembangunan Galang Tahun Pelajaran 2016/2017.