HUBUNGAN KETERAMPILAN BERTANYA GURU DENGAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 106788 PURWODADI KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG T.A. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan bertanya guru dengan minat belajar siswa kelas V SD negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Keterampilan Bertanya Guru dengan Minat Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 37 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 37 siswa ditentukaan dengan teknik total sampling. Hasil analisis data dengan uji Korelasi Product Moment, diperoleh koefisien korelasi rhitung = 0,696 dengan rtabel = 0,334 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 0,696 > 0,334 atau nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel maka, keterampilan bertanya guru memiliki hubungan dengan minat belajar siswa. Untuk mengetahui signifikansi hubungan keterampilan bertanya guru dengan minat belajar siswa digunakan rumus uji t. dari uji tersebut diperoleh thitung = 5,734 dengan ttabel = 2,030 pada taraf kepercayaan 95% dan alpha 5%. Dengan demikian 5,734 > 2,030 atau nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel sehingga dapat dikatakan signifikan. Hasil analisis data bahwa hipotesis menyatakan “Terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan bertanya guru dengan minat belajar siswa kelas V SD Negeri 106788 Purwodadi Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang” dapat diterima. Semakin tinggi keterampilan bertanya guru maka semakin tinggi minat belajar siswa.