PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA

Main Authors: Aruan, Dyna Grace Romatua, Silaban, Ramlan
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23724/
Daftar Isi:
  • Belajar dan mengajar dua konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar melakukan apa yang dikerjakan seorang sebagai penerima pelajaran, dan mengajar dilakukan oleh tenaga pengajar/guru. Guru harus mampu menguasai pokok pembahasan dengan baik akhinya siswa mendapatkan nilai hasil belajar maksimal. Tujuan penelitian: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia. (2) perbedaan nilai karakter kreativitas dan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan multimedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas masing-masing kelas terdiri dari 41 siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T berpasangan dan uji Regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai p = 0,02 (p < 0,05). (2) t erdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia kreativitas belajar siswa adalah 98,97. Terdapat kontribusi variabel kreativitas dengan hasil belajar nilai R kelas X1,X2,X3 adalah 70,56%, 44%, 10%.