PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA
Main Authors: | Aruan, Dyna Grace Romatua, Silaban, Ramlan |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23724/ |
ctrlnum |
23724 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23724/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA</title><creator>Aruan, Dyna Grace Romatua</creator><creator>Silaban, Ramlan</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LC1022 Computer-assisted education</subject><subject>LC251 Moral education. Character building</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Belajar dan mengajar dua konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar melakukan apa yang dikerjakan seorang sebagai penerima pelajaran, dan mengajar dilakukan oleh tenaga pengajar/guru. Guru harus mampu menguasai pokok pembahasan dengan baik akhinya siswa mendapatkan nilai hasil belajar maksimal. Tujuan penelitian: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia. (2) perbedaan nilai karakter kreativitas dan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan multimedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas masing-masing kelas terdiri dari 41 siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T berpasangan dan uji Regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai p = 0,02 (p < 0,05). (2) t erdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia kreativitas belajar siswa adalah 98,97. Terdapat kontribusi variabel kreativitas dengan hasil belajar nilai R kelas X1,X2,X3 adalah 70,56%, 44%, 10%.</description><date>2016-05</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Aruan, Dyna Grace Romatua and Silaban, Ramlan (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan. </identifier><recordID>23724</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Proceeding Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Aruan, Dyna Grace Romatua Silaban, Ramlan |
title |
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA |
publishDate |
2016 |
topic |
LB1025 Teaching (Principles and Practice) LC1022 Computer-assisted education LC251 Moral education. Character building QD Chemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23724/ |
contents |
Belajar dan mengajar dua konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar melakukan apa yang dikerjakan seorang sebagai penerima pelajaran, dan mengajar dilakukan oleh tenaga pengajar/guru. Guru harus mampu menguasai pokok pembahasan dengan baik akhinya siswa mendapatkan nilai hasil belajar maksimal. Tujuan penelitian: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia. (2) perbedaan nilai karakter kreativitas dan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan multimedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas masing-masing kelas terdiri dari 41 siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T berpasangan dan uji Regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai p = 0,02 (p < 0,05). (2) t erdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia kreativitas belajar siswa adalah 98,97. Terdapat kontribusi variabel kreativitas dengan hasil belajar nilai R kelas X1,X2,X3 adalah 70,56%, 44%, 10%. |
id |
IOS3150.23724 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:49Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033433026363392 |
score |
17.538404 |