PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA

Main Authors: Aruan, Dyna Grace Romatua, Silaban, Ramlan
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23724/
ctrlnum 23724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23724/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA</title><creator>Aruan, Dyna Grace Romatua</creator><creator>Silaban, Ramlan</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LC1022 Computer-assisted education</subject><subject>LC251 Moral education. Character building</subject><subject>QD Chemistry</subject><description>Belajar dan mengajar dua konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar melakukan apa yang dikerjakan seorang sebagai penerima pelajaran, dan mengajar dilakukan oleh tenaga pengajar/guru. Guru harus mampu menguasai pokok pembahasan dengan baik akhinya siswa mendapatkan nilai hasil belajar maksimal. Tujuan penelitian: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia. (2) perbedaan nilai karakter kreativitas dan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan multimedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas masing-masing kelas terdiri dari 41 siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T berpasangan dan uji Regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai p = 0,02 (p &lt; 0,05). (2) t erdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia kreativitas belajar siswa adalah 98,97. Terdapat kontribusi variabel kreativitas dengan hasil belajar nilai R kelas X1,X2,X3 adalah 70,56%, 44%, 10%.</description><date>2016-05</date><type>Journal:Proceeding</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Aruan, Dyna Grace Romatua and Silaban, Ramlan (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan. </identifier><recordID>23724</recordID></dc>
language ind
format Journal:Proceeding
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Aruan, Dyna Grace Romatua
Silaban, Ramlan
title PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA
publishDate 2016
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LC1022 Computer-assisted education
LC251 Moral education. Character building
QD Chemistry
url http://digilib.unimed.ac.id/23724/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23724/
contents Belajar dan mengajar dua konsep yang tidak bisa dipisahkan. Belajar melakukan apa yang dikerjakan seorang sebagai penerima pelajaran, dan mengajar dilakukan oleh tenaga pengajar/guru. Guru harus mampu menguasai pokok pembahasan dengan baik akhinya siswa mendapatkan nilai hasil belajar maksimal. Tujuan penelitian: (1) perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia. (2) perbedaan nilai karakter kreativitas dan kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan multimedia. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Farmasi APIPSU yang terdiri dari tiga kelas masing-masing kelas terdiri dari 41 siswa. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T berpasangan dan uji Regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan multimedia berbasis komputer dengan nilai p = 0,02 (p < 0,05). (2) t erdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri menggunakan multimedia kreativitas belajar siswa adalah 98,97. Terdapat kontribusi variabel kreativitas dengan hasil belajar nilai R kelas X1,X2,X3 adalah 70,56%, 44%, 10%.
id IOS3150.23724
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:49Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:49Z
recordtype dc
_version_ 1766033433026363392
score 17.538404