EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL SISWA KELAS XI SMA BINTANG TIMUR PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan Problem Based Introduction (PBI) dalam meningkatkan kemampuan menulis artikel siswa kelas X SMA Bintang Timur Pematang siantar Tahun Pembeajaran 2010/2011. Sampel penelitian ini berjumlah 52 siswa dari populasi 109 siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Two Group Pos- Test Design, yang dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Kelas eksperimen menggunakan model problem based introduction dengan sampel 26 siswa dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan sampel 26 siswa. Alat atau instrument penelitian ini adalah penugasan. Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik yaitu uji âtâ (Sudijono, 2009:282-285) dengan rumus to = M1 M2 1 2 SE M M ï ï dimana, taraf signifikan 5% = 2,01 dan 1% = 2,68 dengan dk = 50, karena to lebih besar dari ttabel yaitu 2,01 < 5,53 > 2,68, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model problem based introduction lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model problem based introduction lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional dalam meningkatkan keterampilan menulis artikel siswa kelas XI SMA Bintang Timur Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2010/2011.