Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Resiprokal Dan Variasi Pembelajaran Terhadap Perbaikan Proses Belajar Passing Chest-pass Dalam Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 11 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 1 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui penggunaan Metode Pembelajaran Resiprokal Dan Variasi Pembelajaran Terhadap Perbaikan Proses Belajar Passing Chest-pass Bola Basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passingchest-passbola basket khususnya kemampuan melakukan sikap Permulaan, Pelaksanaan dan gerakan lanjutan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 14 orang siswa (45.16%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 17 orang siswa (54.83%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan persentase nilai rata-rata 63.41%. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 80%.(2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa (87,09%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (12,90%) masih belum tuntas. Dengan persentase nilai rata-rata 81.2%. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 12.15% dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 10%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan Metode Pembelajaran Resiprokal Dan Variasi Pembelajaran dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Perbaikan Prosesbelajar Dan hasil belajar passingchet-passbola basket pada siswa kelas VIII SMP NEGERI 11Medan Tahun Ajaran2016/2017