PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kleas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan 2016/2017 . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data angket (kuesioner). Angket dibuat dengan menggunakan skala Likert dengan lima pilihan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari 166 siswa yang belajar di kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan TA 2016/2017 yang menjadi sampel diambil sebanyak 42 orang siswa (25%) dengan cara acak. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, alpha cronbach, dan uji ANOVA. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS.12 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat Pengaruh yang signifikan antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IPS. Koefisien korelasi product moment yang diperoleh adalah 0,951 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat Pengaruh yang signifikan antara Motivai belajar terhadapPrestasi belajar ekonomi siswa. Koefisien korelasi product moment yang dihasilkan sebesar 0,972 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan internet sebagai media belajar dan Motivasi belajar secara bersamasama dengan koefisien korelasi sebesar 0,958 terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 18,338 + 0,355X1 + 0,566X2. Uji F menghasilkan angka 471,195 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini signifikan karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Dari hasil penelitian terlihat bahwa koefisien Pengaruh antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar lebih kecil apabila dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini menjadi indikasi bahwa motivasi belajar mempunyai cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan penerapan internet sebagai media belajar