ctrlnum 23355
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23355/</relation><title>PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER&#xD; BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP&#xD; PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI&#xD; SMA BUDISATRYA MEDAN&#xD; T.P 2016/2017</title><creator>Harahap, Mhd.TS Fachrurrozi</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>HB71 Economics as a science</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar&#xD; siswa pada mata pelajaran ekonomi kleas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun&#xD; Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh&#xD; pemanfaatan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap&#xD; prestasi belajar siswa kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan 2016/2017 .&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah&#xD; data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data angket&#xD; (kuesioner). Angket dibuat dengan menggunakan skala Likert dengan lima&#xD; pilihan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari 166&#xD; siswa yang belajar di kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan TA 2016/2017 yang&#xD; menjadi sampel diambil sebanyak 42 orang siswa (25%) dengan cara acak. Teknik&#xD; korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, alpha cronbach, dan uji&#xD; ANOVA. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS.12 for Windows.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat Pengaruh yang signifikan&#xD; antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar ekonomi&#xD; siswa kelas XI-IPS. Koefisien korelasi product moment yang diperoleh adalah&#xD; 0,951 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat Pengaruh yang&#xD; signifikan antara Motivai belajar terhadapPrestasi belajar ekonomi siswa.&#xD; Koefisien korelasi product moment yang dihasilkan sebesar 0,972 dengan level&#xD; signifikansi alpha sebesar 0,01 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara&#xD; penerapan internet sebagai media belajar dan Motivasi belajar secara bersamasama&#xD; dengan koefisien korelasi sebesar 0,958 terhadap Prestasi belajar ekonomi&#xD; siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 18,338 + 0,355X1 + 0,566X2.&#xD; Uji F menghasilkan angka 471,195 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini&#xD; signifikan karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05.&#xD; Dari hasil penelitian terlihat bahwa koefisien Pengaruh antara penerapan&#xD; internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar lebih kecil apabila&#xD; dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi&#xD; siswa. Hal ini menjadi indikasi bahwa motivasi belajar mempunyai cakupan yang&#xD; lebih luas jika dibandingkan dengan penerapan internet sebagai media belajar</description><date>2016-10-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/1/1.%20NIM.%207123341067%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/2/2.%20NIM.%207123341067%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/3/4.%20NIM.%207123341067%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/4/3.%20NIM.%207123341067%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/5/5.%20NIM.%207123341067%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/6/6.%20NIM.%207123341067%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/7/7.%20NIM.%207123341067%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/8/8.%20NIM.%207123341067%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/9/9.%20NIM.%207123341067%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/10/13.%20NIM.%207123341067%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23355/11/14.%20NIM.%207123341067%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Harahap, Mhd.TS Fachrurrozi (2016) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23355</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Harahap, Mhd.TS Fachrurrozi
title PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI EKONOMI SISWA KELAS XI SMA BUDISATRYA MEDAN T.P 2016/2017
publishDate 2016
isbn 207123341067
topic BF501 Motivation
HB71 Economics as a science
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/23355/1/1.%20NIM.%207123341067%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/2/2.%20NIM.%207123341067%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/3/4.%20NIM.%207123341067%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/4/3.%20NIM.%207123341067%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/5/5.%20NIM.%207123341067%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/6/6.%20NIM.%207123341067%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/7/7.%20NIM.%207123341067%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/8/8.%20NIM.%207123341067%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/9/9.%20NIM.%207123341067%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/10/13.%20NIM.%207123341067%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/11/14.%20NIM.%207123341067%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23355/
contents Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kleas XI IPS SMA Budisatrya Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan internet sebagai media belajar dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan 2016/2017 . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan ialah data primer dan data skunder yang diperoleh melalui alat pengumpul data angket (kuesioner). Angket dibuat dengan menggunakan skala Likert dengan lima pilihan. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Dari 166 siswa yang belajar di kelas XI-IPS SMA Budisatrya Medan TA 2016/2017 yang menjadi sampel diambil sebanyak 42 orang siswa (25%) dengan cara acak. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi product moment, alpha cronbach, dan uji ANOVA. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS.12 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat Pengaruh yang signifikan antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IPS. Koefisien korelasi product moment yang diperoleh adalah 0,951 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (2) terdapat Pengaruh yang signifikan antara Motivai belajar terhadapPrestasi belajar ekonomi siswa. Koefisien korelasi product moment yang dihasilkan sebesar 0,972 dengan level signifikansi alpha sebesar 0,01 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan internet sebagai media belajar dan Motivasi belajar secara bersamasama dengan koefisien korelasi sebesar 0,958 terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y= 18,338 + 0,355X1 + 0,566X2. Uji F menghasilkan angka 471,195 dengan alpha 0,05. Persamaan regresi ini signifikan karena sig yang diperoleh adalah 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Dari hasil penelitian terlihat bahwa koefisien Pengaruh antara penerapan internet sebagai media belajar terhadap prestasi belajar lebih kecil apabila dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Hal ini menjadi indikasi bahwa motivasi belajar mempunyai cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan penerapan internet sebagai media belajar
id IOS3150.23355
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:41Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:41Z
recordtype dc
_version_ 1766033430815965184
score 17.538404