ctrlnum 23350
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23350/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016</title><creator>Walvenmars, </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QC251 Heat</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 2 Pematang Siantar. &#xD; Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X PIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri training dan kelas X PIS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 6 soal dalam bentuk essai, lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf &#x3B1; = 0,01.&#xD; Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 20,76 dan kelas kontrol yaitu 19,07 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 77,74 dan kelas kontrol = 67,95.. Dari hasil pengamatan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada Pertemuan I diperoleh rata-rata 48,22% naik di Pertemuan II menjadi 62,38% dan pada Pertemuan III 62,97% untuk kelas kontrol. Penilaian rata-rata KPS pada Pertemuan I 45,71% meningkat diPertemuan II menjadi 77,77% dan di Pertemuan III 86,98% untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 5,215 dan ttabel = 2,382, sehingga thitung &gt; ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hasil nya Keterampilan Proses Sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri training mempengaruhi hasil belajar siswa dan lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor.</description><date>2017-01-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/1/1.%20NIM.%204123121081_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/2/2.%20NIM.%204123121081_PENGESAHAN-RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/3/3.%20NIM.%204123121081_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/4/4.%20NIM.%204123121081_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/5/5.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/6/6.%20NIM.%204123121068_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/7/7.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/8/8.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/9/9.%20NIM.%204123121081_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/10/13.%20NIM.%204123121081_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/11/14.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Walvenmars, (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23350</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Walvenmars,
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016
publishDate 2017
isbn 204123121081
204123121068
topic LB Theory and practice of education
QC251 Heat
url http://digilib.unimed.ac.id/23350/1/1.%20NIM.%204123121081_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/2/2.%20NIM.%204123121081_PENGESAHAN-RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/3/3.%20NIM.%204123121081_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/4/4.%20NIM.%204123121081_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/5/5.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/6/6.%20NIM.%204123121068_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/7/7.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/8/8.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/9/9.%20NIM.%204123121081_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/10/13.%20NIM.%204123121081_BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/11/14.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23350/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 2 Pematang Siantar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X PIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri training dan kelas X PIS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 6 soal dalam bentuk essai, lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,01. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 20,76 dan kelas kontrol yaitu 19,07 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 77,74 dan kelas kontrol = 67,95.. Dari hasil pengamatan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada Pertemuan I diperoleh rata-rata 48,22% naik di Pertemuan II menjadi 62,38% dan pada Pertemuan III 62,97% untuk kelas kontrol. Penilaian rata-rata KPS pada Pertemuan I 45,71% meningkat diPertemuan II menjadi 77,77% dan di Pertemuan III 86,98% untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 5,215 dan ttabel = 2,382, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hasil nya Keterampilan Proses Sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri training mempengaruhi hasil belajar siswa dan lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor.
id IOS3150.23350
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-07-11T01:42:41Z
last_indexed 2017-07-11T01:42:41Z
recordtype dc
_version_ 1766033430798139392
score 17.538404