PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016
ctrlnum |
23350 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/23350/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016</title><creator>Walvenmars, </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><subject>QC251 Heat</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 2 Pematang Siantar. 
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X PIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri training dan kelas X PIS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 6 soal dalam bentuk essai, lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,01.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 20,76 dan kelas kontrol yaitu 19,07 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 77,74 dan kelas kontrol = 67,95.. Dari hasil pengamatan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada Pertemuan I diperoleh rata-rata 48,22% naik di Pertemuan II menjadi 62,38% dan pada Pertemuan III 62,97% untuk kelas kontrol. Penilaian rata-rata KPS pada Pertemuan I 45,71% meningkat diPertemuan II menjadi 77,77% dan di Pertemuan III 86,98% untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 5,215 dan ttabel = 2,382, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hasil nya Keterampilan Proses Sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri training mempengaruhi hasil belajar siswa dan lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor.</description><date>2017-01-20</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/1/1.%20NIM.%204123121081_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/2/2.%20NIM.%204123121081_PENGESAHAN-RIWAYAT%20HIDUP.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/3/3.%20NIM.%204123121081_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/4/4.%20NIM.%204123121081_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/5/5.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/6/6.%20NIM.%204123121068_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/7/7.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/8/8.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/9/9.%20NIM.%204123121081_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/10/13.%20NIM.%204123121081_BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/23350/11/14.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Walvenmars, (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>23350</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Walvenmars, |
title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS XSEMESTER II SMA NEGERI 2 PEMATANG SIANTAR T.P. 2015/2016 |
publishDate |
2017 |
isbn |
204123121081 204123121068 |
topic |
LB Theory and practice of education QC251 Heat |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/23350/1/1.%20NIM.%204123121081_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/2/2.%20NIM.%204123121081_PENGESAHAN-RIWAYAT%20HIDUP.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/3/3.%20NIM.%204123121081_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/4/4.%20NIM.%204123121081_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/5/5.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/6/6.%20NIM.%204123121068_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/7/7.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/8/8.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/9/9.%20NIM.%204123121081_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/10/13.%20NIM.%204123121081_BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/11/14.%20NIM.%204123121081_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/23350/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 2 Pematang Siantar.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Two Group Pretes-Postes Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas X PIS 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri training dan kelas X PIS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains berjumlah 6 soal dalam bentuk essai, lembar observasi sikap dan lembar observasi KPS. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf α = 0,01.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 20,76 dan kelas kontrol yaitu 19,07 dan nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 77,74 dan kelas kontrol = 67,95.. Dari hasil pengamatan KPS siswa diperoleh peningkatan. Pada Pertemuan I diperoleh rata-rata 48,22% naik di Pertemuan II menjadi 62,38% dan pada Pertemuan III 62,97% untuk kelas kontrol. Penilaian rata-rata KPS pada Pertemuan I 45,71% meningkat diPertemuan II menjadi 77,77% dan di Pertemuan III 86,98% untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji t satu pihak diperoleh thitung = 5,215 dan ttabel = 2,382, sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima . Hasil nya Keterampilan Proses Sains siswa akibat pengaruh model pembelajaran inkuiri training mempengaruhi hasil belajar siswa dan lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok suhu dan kalor. |
id |
IOS3150.23350 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-07-11T01:42:41Z |
last_indexed |
2017-07-11T01:42:41Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033430798139392 |
score |
17.538404 |